Listening Part -6 (Mama)

mama

Dear Mom

Apa Kabar mu Mak ? Kuharapkan mamak sehat selalu dan Tuhan Yesus Menyertai mu Hari Demi Hari.

  • Mak,aku ingat cerita mamak kalo aku sama kak betty ketika kau lahirkan ke dunia ini penuh dengan perjuangan, bahkan setelah melahirkan ku mamak terbaring lemah hingga hampir merenggut nyawamu mak.
  • Mak,aku ingat ketika mamak menyusi kami di usia kami hampir beranjak 9 bulan, Dokter memvonis mamak kanker payudara, betapa berharganya setiap tetes air susu mu pada kami berdua mak.
  • Mak, ingat kah engkau ketika aku dan kak betty beranjak usia setahun lebih, ketika kami masih baru belajar merangkak, aku dan kak betty merepotkan ke 5 kakak kami karena kabur keluar dari rumah.
  • Mak, Ingat kah engkau ketika usiaku beranjak 2 tahun, aku selalu sakit sakit an dan susah makan, sama seperti anak laki laki mu yang lain nya, aku tidak mengerti mengapa harus seperti itu.
  • Mak, Ingat gak waktu aku masih kecil, mamak dengan sabar mengajari ku membaca,menulis, dan dengan sabar mamak menjawab semua pertanyaan ku yang rewel, selalu bertanya ini dan itu.
  • Mak, masih ingatkah engkau kalo sewaktu SD aku dan kak betty selalu berbagi buku, mamak selalu membelikan buku bekas untuk ku di titi gantung, aku selalu bertanya kenapa mak ? kenapa harus aku yang selalu dapat yang bekas , kau selalu menjawab kalo perempuan harus bisa bergaya laki laki gak perlu.
  • Mak, Ingat gak waktu aku beranjak SD kelas 4, aku membuat keheboan dirumah , yang masih kuingat sampai sekarang denga peristiwa “kontak Men”. Satu Peristiwa besar dimasa kecil yang mengawali dasar titik balik ku semasa SMA.
  • Mak, masih ingat gak mamak ketika mamak dipanggil ke SMP, diawal cerita mamak tau kalo aku ditegur guru karena berjudi padahal karena teman sebangku ku melemparkan novel mesum nya ke laci mejaku sehingga aku ditampat guru dan kau terpaksa harus datang ke SMP 19.
  • Mak,Masih ingat kah engkau , sewaktu SMA aku pernah membelikan bapak rokok djarum 1 slop dari uang hadiah try out ku tapi mamak marah marah, semua hanya karena ingin membuatmu bangga mak.
  • Mak, ingat gak sewaktu aku kuliah di bandung, ternyata gula mamak naik lebih dari 500 sewaktu berlibur di jakarta, lalu aku menemani mamak sepanjang malam di ICU , kau memintaku untuk serius belajar dan memutuskan mantanku, tapi sangat sulit bagiku untuk bisa kompak dengan abang ku mak, karena dia pribadi yang keras dan songong, sesekali aku merenung ternyata banyak hal hal yang kubenci dari diriku ada di dia, Hingga akhirnya aku menyadari aku harusnya melakukan itu bukan hanya untuk menyenakan dirimu , tapi MEMANG BEGITU SEHARUSNYA SEORANG ABANG DAN ADIK yang saling menjaga.

Mak, Di tanggal 9 Oktober ini usia mu genap mencapai 69 tahun , sama dengan usia republik ini. UNTUK SEMUA KISAH YANG KUPAPARKAN TADI, Mungkin Kau sudah banyak yang lupa mak. Tapi biarlah semua kisah itu kami simpan sebagai pinompar mu.

Mungkin Saat ini Kedua Kakimu terlalu lemah untuk berjalan, sama Saat Kami baru belajar Merangkak …

Mungkin saat ini kau mulai pikun dan selalu bertanya hal yang sama ” kapan merrid,kapan merrid” , hingga akhirnya kau lelah dan tertidur sama seperti Kami Saat Balita selalu menanyakan hal yang sama berulang – ulang hingga akhirnya kami capek dan tertidur.

Mungkin saat menggantikan popokmu yang bau saat ini, aku sadar betapa kau berusaha keras dan sangat bersabar hanya untuk membujuk kami dulu makan dan mandi.

Disaat semua anak merasa harus melakukan ini dan itu karena keterpaksaan perintah orang tua nya , aku akan melakukan apapun yang kau pinta saat ini mak , Karena aku BERUTANG NYAWA 2X dalam hidupku UNTUKMU.

Mak, Aku akan bertemu dengan seorang Gadis yang akan menjadi Salah Satu Menantu mu, yang menyenangkan, yang bisa membuatmu selalu tersenyum , kami akan membangun Rumah kami yang selalu TAAT dan PATUH akan ajaran ajaran TUHAN Sama yang seperti kau Contohkan Selama ini, Kami akan membesarkan Cucu Cucu Mu yang lucu lucu sama yang pernah dilakukan oleh Bang Togi dan kak Erni. Aku akan bertemu dengan seorang gadis yang akan menjadi Ibu Dari Anak Anak ku yang luar biasa , memanggil Namamu dengan Kehangatan di setiap harinya : ” OPUNG BORU CANTIK ” ” OPUNG DOLI GANTENG ” sama seperti yang dilakukan Timotius dan Basa

Karena Itu Biarlah Jadi Kehendak Tuhan, Agar diberikan Umur Bagimu yang sepantas-NYA . Tetap Sehat Selalu Mak , Kami Benar Benar Merindukan dan Sangat Membutuhkan Mu Mak…

Dari Anak Bontot Mu yang Selalu Mengasihimu

550863_424360134275994_1169494937_n

Ronald Mangatur Hutabarat,ST

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s