Key Perform Indicator (KPI – GSM)

Ecommerce_Key_Performance_Indicators

Seorang Optim di dunia telekomunikasi , sangat kental dengan istilah KPI . kalo berdasarkan standard ITU ( International Telecommunication Union ) , organisasi internasional yang menjadi source standarisasi teknologi telekomunikasi internasional , KPI dibagi menjadi 3 domain besar , yaitu : Accessibility , Retainability dan Integrity .

Accessibility itu maksudnya adalah bagaimana user mampu untuk mendapatkan layanan yang disediakan oleh operator telekomunikasi . beberapa KPI yang tergolong dalam Accessibility adalah : RX level, Random Accses Succses rate ( RACH Suscces Rate ) , SD Drop Rate , SDCCH Suscces Rate , SDCCH Blocking Rate , dan TCH Blocking Rate .

Retainabiity adalah bagaimana user mampu mempertahankan layanan setelah layanan diperoleh  hingga layanan itu dihentikan sendiri oleh user . Beberapa KPI yang digolongkan dalam kategori ini adalah TCH Drop Rate , Drop Call Rate , Erlang per minute rate .

Integrity adalah derajat pengukuran saat layanan berhasil diperoleh user , KPI yang termaksud kategori integrity adalah Handover Succsesfull Rate , FER , RX Qual dan SQI

Nah , pada materi selanjutnya , kita akan membahas lebih dalam beberapa KPI yang sering dipakai sebagai ukuran kwalitas performansi dari suatu jaringan .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s