Facebook Picu Penyakit Menular Seksual

VIVAnews – Laman jejaring sosial Faccebook dikaitkan dengan meningkatnya penderita penyakit menular seksual (PMS) sifilis di Inggris. Peneliti menemukan bahwa penyebaran virus bertambah empat kali lipat di area di mana Facebook sangat populer, antara lain di Sunderland, Durham, dan Teesside.

Direktur Dinas Kesehatan Teesside, Profesor Peter Kelly mengatakan stafnya menemukan kaitan antara penyebaran sifilis, terutama di kalangan perempuan muda, dengan jumlah pengguna Facebook. Penambahan ini diduga terjadi karena orang-orang menemukan cara baru untuk bertemu banyak orang lain dan menjalin hubungan fisik.

“Sifilis adalah penyakit yang berbahaya dan dapat menyerang siapa saja yang melakukan hubungan seksual tanpa pengaman,” ujar Kelly seperti dikutip laman harian Telegraph.Kelly mengatakan tidak memiliki data mengenai penderita sifilis baru secara rinci. Dia hanya mengungkapkan sebagian besar penderita itu bertemu pembawa virus melalui jejaring sosial.

Sebanyak 30 kasus sifilis baru terjadi di Teesside pada 2009, namun diperkirakan angka penderita sesungguhnya jauh lebih besar.Sebelumnya, survei menunjukkan bahwa orang muda di Sunderland, Durham, dan Teesside memiliki kecenderungan 25 persen lebih banyak untuk mengakses jejaring sosial daripada daerah lain di Inggris.Juru bicara Facebook, Andrew Noyes menyatakan pemilik akun harus menjaga keamanan sendiri dan berhati-hati ketika akan bertemu muka dengan teman dalam jejaring. Noyes juga membantah situsnya merupakan ajang bagi orang untuk mencari partner seksual.”Kami memiliki lebih dari 400 juta pengguna Facebook, laman kami bukan tempat mencari rekan seksual namun untuk mempertemukan teman-teman dan keluarga,” ujar Noyes seperti dikutip TechCrunch.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s