Virus Lokal Seret Nama Antivirus

Jakarta – Sebuah virus lokal diketahui memiliki perilaku yang cukup membahayakan. Lebih parahnya lagi, ia membawa-bawa nama sebuah antivirus lokal.

Seperti disampaikan analis antivirus dari Vaksincom, Adi Saputra, sebuah virus dengan nama W32/Smalltroj.XLHU telah menyebar di Indonesia. Dalam keterangan yang diterima detikINET, Kamis (18/3/2010), virus tersebut menampilkan perilaku yang cukup berbahaya.

Komputer yang terinfeksi virus ini akan membaca aktivitas yang dilakukan pengguna dan mengirimkan informasinya kepada pembuat virus. Ini tentunya berpotensi disalahgunakan oleh pembuat virus.

Virus yang dijuluki OjanBlank ini juga kerap membuka situs internet dan menampilkan halaman antivirus OBAV (OjanBlank AntiVirus). “Kalau melihat fakta di atas ini dan masih ada yang ngotot dan mencoba-coba menggunakan program antivirus OBAV. Anda tinggal tanya sama J-Rocks, yang anda download itu Madu atau Racun?” sebut Adi.

Gejala dan Efek Virus

Adi menjelaskan, ada beberapa hal yang akan dilakukan oleh virus ini terhadap komputer korbannya. Salah satuna, Virus OjanBlank akan menyembunyikan proses yang berjalan di komputer sehingga tak bisa dilihat dari Windows Task Manager.

Virus OjanBlank juga akan memantau koneksi internet dengan menjalankan beberapa file windows dan mematikan windows firewall agar bisa mengirimkan informasi ke pembuat virus. Salah satu yang akan dilakukannya jika koneksi internet aktif adalah membuka situs Obav.netau.net.

Jika pengguna berusaha mematikan virus tersebut, atau menjalankan file / folder yang mengandung kata process, maka virus akan mematikan Windows Explorer. Selain itu, layar korban akan ditutupi dengan sebuah form.

Kadangkala, sebut Adi, virus juga akan membuka file Microsoft Word. Isi file itu adalah peringatan bahwa komputer telah terinfeksi virus OjanBlank. Virus ini diketahui menyebar melalui flashdisk dan media penyimpanan eksternal lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s