Hikayah Kebo dan si anak kebo

Ada dua ekor kebo, satu kebo ema’ dan yang satu kebo anak.
Kebo anak yang baru dilhirkan, suatu ketika sedang menyusu kepada ema’nya.
Ketika sedang enak nyusu, anak kebo mendengar suara yang membuatnya kaget. Anak
kebo mendengar suara azan.
Dan anak kebo yang ketakutan bertanya kepada ema’nya,
Anak kebo : ma’ suara apa tuh ma’?.
Ema kebo: tenang aja tong, itu suara azan
Anak kebo : azan apa sih ma”?
Ema kebo : azan itu panggilan sholat
Anak kebo : sholat itu apa ma’?
Ema kebo : sholat itu tunduk patuh menyembah Allah dengan tata cara yang khusus
Anak kebo : ga apa-apa ma’ ya?
Ema kebo : ga apa-apa
Anak kebo : aman ya ma’?
Ema kebo : aman
Ketika menyusu anak kebo melihat, manusia berbondong-bondong ada yang menenakan kain, mukena dan peci. Kemudian anak kebo kembali bertanya “ada apa lagi ma’?
Ema kebo : tenang nak, itu manusia mau ke masjid
Anak kebo : masjid apa ma’?
Ema kebo : masjid tempat sholat
Anak kebo : kenapa ke masjid?
Ema kebo : tadi kan ada azan panggilan sholat
Anak kebo : ooooooooo, jadi mereka mau sholat ma’?
Ema kebo : iya
Anak kebo : jadi ga ada apa-apa? Aman?
Ema kebo : ayo deh nyusu lagi
Ketika sedang nyusu anak kebo mendengar suara iqomat, kali ini anak kebo tidak kaget. Tapi yang anak kebo dengar suara kali ini berbeda dengan suara yang sebelumnya.
Anak kebo : ma’ ma’, kalo yang ini apa lagi ma’?
Ema kebo : itu suara iqomat, tandanya sholat mau didirikan
Anak kebo : jadi manusia yang ke masjid tadi mau sholat ma’?
Ema kebo : iya. Udah nyusu lagi, nyusu
Sebelum anak kebo menyusu, si anak kebo kembali bertanya : ma’ ma’, manusia ke masjid sholat kan ma’?
Ema kebo : iya
Anak kebo : kok kita ga ke masjid ma’?
Ema kebo : kan kita kebo
Anak kebo : ooooooo, kalo kebo ga ke masjid ya ma’?
Ema kebo : ya ngga, keboooooo
Anak kebo : sholat juga ngga ma’?
Ema kebo : ya kan kita kebooooooo
Anak kebo : jadi kebo enak ya ma’! Ga ke masjid, ga sholat?
Ema kebo : udah tenang aja, ayo nyusu lagi
Ketika akan nyusu lagi, anak kebo melihat di jalanan didepan warung ada tua Bangka lagi main catur, di bawah pohon pisang ada anak muda lagi main kartu, di jalanan ada yang lalu lalang
Anak kebo : ma’ ma’, yang tadi yang namanya manusia ke masjid sholat kan ma’?
Ema kebo : iya
Anak kebo : kita ga sholat, ga ke masjid kan kita kebo ya?
Ema kebo : iya
Anak kebo : yang lagi main catur sama main kartu apa ma’?
Ema kebo : ooooooo, kalo itu kebo kepala item
KESIMPULAN : yang ga sholat = kebo

Ada dua ekor kebo, satu kebo ema’ dan yang satu kebo anak.
Kebo anak yang baru dilhirkan, suatu ketika sedang menyusu kepada ema’nya.
Ketika sedang enak nyusu, anak kebo mendengar suara yang membuatnya kaget. Anak kebo mendengar suara azan.
Dan anak kebo yang ketakutan bertanya kepada ema’nya, Anak kebo : ma’ suara apa tuh ma’?.
Ema kebo: tenang aja tong, itu suara azanAnak kebo : azan apa sih ma”?
Ema kebo : azan itu panggilan sholat
Anak kebo : sholat itu apa ma’?
Ema kebo : sholat itu tunduk patuh menyembah Allah dengan tata cara yang khusus
Anak kebo : ga apa-apa ma’ ya?
Ema kebo : ga apa-apa
Anak kebo : aman ya ma’?
Ema kebo : aman
Ketika menyusu anak kebo melihat, manusia berbondong-bondong ada yang menenakan kain, mukena dan peci. Kemudian anak kebo kembali bertanya “ada apa lagi ma’?
Ema kebo : tenang nak, itu manusia mau ke masjidAnak kebo : masjid apa ma’?
Ema kebo : masjid tempat sholat
Anak kebo : kenapa ke masjid?
Ema kebo : tadi kan ada azan panggilan sholat
Anak kebo : ooooooooo, jadi mereka mau sholat ma’?
Ema kebo : iya
Anak kebo : jadi ga ada apa-apa? Aman?
Ema kebo : ayo deh nyusu lagi
Ketika sedang nyusu anak kebo mendengar suara iqomat, kali ini anak kebo tidak kaget. Tapi yang anak kebo dengar suara kali ini berbeda dengan suara yang sebelumnya.
Anak kebo : ma’ ma’, kalo yang ini apa lagi ma’?
Ema kebo : itu suara iqomat, tandanya sholat mau didirikan
Anak kebo : jadi manusia yang ke masjid tadi mau sholat ma’?
Ema kebo : iya. Udah nyusu lagi, nyusu
Sebelum anak kebo menyusu, si anak kebo kembali bertanya : ma’ ma’, manusia ke masjid sholat kan ma’?
Ema kebo : iya
Anak kebo : kok kita ga ke masjid ma’?
Ema kebo : kan kita kebo
Anak kebo : ooooooo, kalo kebo ga ke masjid ya ma’?
Ema kebo : ya ngga, keboooooo
Anak kebo : sholat juga ngga ma’?
Ema kebo : ya kan kita kebooooooo
Anak kebo : jadi kebo enak ya ma’! Ga ke masjid, ga sholat?
Ema kebo : udah tenang aja, ayo nyusu lagi
Ketika akan nyusu lagi, anak kebo melihat di jalanan didepan warung ada tua Bangka lagi main catur, di bawah pohon pisang ada anak muda lagi main kartu, di jalanan ada yang lalu lalang
Anak kebo : ma’ ma’, yang tadi yang namanya manusia ke masjid sholat kan ma’?
Ema kebo : iya
Anak kebo : kita ga sholat, ga ke masjid kan kita kebo ya?
Ema kebo : iya
Anak kebo : yang lagi main catur sama main kartu apa ma’?
Ema kebo : ooooooo, kalo itu kebo kepala item
KESIMPULAN : yang ga sholat = kebo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s